PENINGKATAN KEMAMPUAN BIDANG PENGEMBANGAN KOGNITIF MELALUI MIND MAP PLUS SISWA TK SWASTA METHODIST ( PTK 91 )


PENINGKATAN KEMAMPUAN BIDANG PENGEMBANGAN KOGNITIF MELALUI MIND MAP PLUS SISWA TK SWASTA METHODIST ( PTK 91 )

Usia 0 – 6 Tahun adalah usia dini yang dikenal dengan Golden Age (Usia Emas), dimana pada usia ini pengalaman belajar anak menentukan potensinya di masa depan. Pemberian stimulasi pada semua aspek intelegensinya mutlak dibutuhkan. Pola berfikir anak pada usia ini bermula dari hal yang kongkrit menuju hal yang abstrak. Aspek intelegensi pada pembelajaran di taman kanak – kanak dikembangkan melalui bidang pengembangan antara lain adalah bidang pengembangan bahasa, seni, fisik motorik dan kognitif. Semua bidang memiliki tingkat kepentingan yang mutlak pada perkembangan anak usia dini, begitu juga pada bidang pengembangan kognitif.

Bidang pengembangan kognitif dapat berkembang dengan baik apabila multiple indranya difungsikan secara maksimal. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kesulitan anak dalam belajar bidang pengembangan kognitif. Apalagi jika pembelajaran dilakukan dengan strategi yang monoton, yaitu hanya dengan metode carita, Tanya jawab dan media lagu. Kesulitan ini juga dihadapi oleh siswa TK swasta methodist kabanjahe, khususnya dalam hal mengenal konsep waktu dan menceritakan kegiatan dengan menggunakan konsep waktu. Sebagai upaya perbaikan peneliti melakukan penelitian tentang pembelajaran kognitif dengan mengangkat judul Peningkatan Kompetensi Bidang Pengembangan Kognitif Melalui Mind Map Plus Siswa TK swasta methodist kabanjahe.

Pada bidang pengembangan kognitif diberikan action berupa kegiatan strategi belajar Mind Map Plus, yaitu dengan cara memasangkan gambar sentral, yang kemudian dipasangkan radial yang memancar dari gambar sentral dan berkembang juga dengan gambar yang dipasang pada sub radial pada pancaran radial-radial yang telah ada. Gambar-gambar yang dipasangkan disediakan oleh guru pada papan Mind Map Plus sesuai dengan indikator dalam pembelajaran yang berlangsung.

Penelitian ini dilakukan di TK swasta methodist kabanjahe. Dari hasil penelitian ini diketahui adanya peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kompetensi siswa dalam kemampuan mengulas dan menceritakan kegiatan dengan konsep waktu. Dan telah diperoleh data dari hasil penelitian. Dari hasil pretest kompetensi klasikal siswa hanya mencapai 13%, namun setelah dilakukan action dengan strategi Mind Map Plus, kompetensi bidang pengembangan kognitif mengalami peningkatan menjadi 38% pada siklus I dan 79% pada siklus II.

Begitu juga tentang aktifitas siswa selama pembelajaran, yang terdiri dari minat, kosentrasi, motivasi dan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan menjadi meningkat. Yang semula pada siklus satu masih berkategori cukup pada siklus dua menjadi baik.

Dari hasil penelitian ini, disarankan kepada guru untuk senantiasa mengedepankan aspek kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran, seperti halnya dengan memperhatikan kesukaan siswa dengan gambar dan warna, melalui inovasi pembelajaran seperti Mind Map Plus dengan prinsip pembelajaran learn by doing, learn to know, learn to be dan learn to live together.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s