PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SNOW BALL ( PTK 108 )


PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SNOW BALL ( PTK 108 )

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep luas serta volume kubus dan balok melalui model pembelajaran aktif tipe snowball pada siswa dan peningkatan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Nogosari yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan pemahaman konsep luas permukaan serta volume kubus dan balok pada siswa melalui model pembelajaran aktif tipe snow ball. Hal ini dapat dilihat dari 1) Siswa dapat mengklasifikasi obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu dari kubus dan balok sebelum diadakan tindakan sebesar 22.5%, pada putaran I sebesar 32.5%, pada putaran II sebesar 52.5%, di akhir putaran mencapai 72.5%, 2) Siswa dapat membedakan contoh dan non-contoh dari konsep luas permukaan serta volume kubus dan balok sebelum diadakan tindakan sebesar 37.5%, pada putaran I sebesar 42.5%, pada putaran II sebesar 50%, di akhir putaran mencapai 67.5%, 3) Siswa mampu menyatakan ulang suatu konsep luas permukaan serta volume kubus dan balok sebelum diadakan tindakan sebesar 12.5%, pada putaran I sebesar 17.5%, pada putaran II sebesar 37.5%, di akhir putaran mencapai 52.5%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 47.5%, pada putaran I mencapai daya serap 65%, pada putaran II mencapai daya serap 77.5% sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 90%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran aktif tipe snowball dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep luas serta volume kubus dan balok pada siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s