PENERAPAN STRATEGI CTL DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI IPA MAN DALAM BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH


PENERAPAN STRATEGI CTL DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI IPA MAN DALAM BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH ( PTK 136 )

Rendahnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran fiqih seringkali disebabkan oleh kurang efektifnya sistem atau strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Seolah-olah kegiatan belajar mengajar dalam kelas hanya meliputi datang, duduk, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat atau bahkan mengkopi apa adanya segala informasi yang dipresentasikan oleh guru.

Untuk menanggulangi hal tersebut setidaknya telah banyak strategi dan metode pembelajaran aktif yang ditawarkan. Misalnya dengan menerapkan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperative learning. Hal ini nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu pembelajaran di Indonesia pada umumnya, sebab pada strategi dan metode pembelajaran ini keaktifan serta kerjasama sama peserta didik dalam memecahkan masalah lebih diutamakan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik kelas XI IPA MAN Malang 1 terhadap mata pelajaran fiqih melalui penerapan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperarive learning. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi.l

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan strategi CTL dengan metode cooperative learning terbukti dapat meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fiqih kelas XI IPA MAN Malang 1. Secara kuantitatif hal ini dapat dibuktikan melalui hasil penilaian diskusi yang menunjukkan bahwa semua kelompok memperoleh nilai yang memuaskan (lulus). Sedangkan bukti kualitatif dapat dijelaskan dari banyaknya peserta didik yang menyatakan senang terhadap strategi dan metode pembelajaran ini, hal ini terwujud dengan tumbuhnya rasa kebersamaan dalam kelompok, suasana kelas menjadi lebih hidup dan adanya pengalaman baru bagi peserta didik untuk melakukan analisis sederhana terhadap suatu permasalahan yang sedang timbul di masyarakat.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s