MENINGKATKAN PANGUASAAN SISWA TERHADAP MATERI PELAJARAN ADALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ( PTK 35 )


Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan pengetajuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Untuk mencapai tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dituntut peran guru dalam proses pembelajaran agar siswa memiliki keseimbangan antara kognitif, afektif dan psikomotorik.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat dan globalisasi yang semakin merambah ke desa-desa. Kondisi peserta didik yang belum bisa menyesuaikan dengan adanya perubahan-perubahan ini menjadi penyebab terganggunya proses belajar mengajar. Peserta didik lebih banyak melihat permainan tekhnologi daripada belajar. Apalagi dari orang tua yang kurang memperhatikan karena bekerja sampai larut, dituntut kebutuhan yang semakin meningkat, serta ketidaktahuan orang tua dalam materi pembelajaran yang selalu berganti.

Dalam mata pelajaran matematika, peserta didik kurang menguasai materi pelajaran, lebih banyak menghafal dan mengandalkan materi pembelajaran yang mengingat atau menyebutkan. Umumnya tidak tahu makna atau fungsi dari hal yang dipelajari. Padahal mata pelajaran matematika mempunyai peran besar dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan membandingkan pecahan. Jelas pembelajaran yang membutuhkan problem solving sehingga peserta didik lebih mudah untuk mempelajari konsep-konsep dan gagasan-gagasan matematika bermula dari dunia nyata akan berguna bagi peserta didik dalam kehidupan nantinya.

Peran guru dalam menyediakan dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna sangat di butuhkan peserta didik, guru yang dapat memberikan pembelajaran dengan berbagai cara agar peserta didik dapat memahami pembelajaran lebih lama akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Kesilitan peserta didik kelas 4 dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan pecahan merupakan tantangan bagi peneliti untuk meningkatkan keterampilan peserta didik sehingga memperoleh nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dalam penelitian tindakan kelas peneliti mencoba menggunakan cara pembelajaran dengan pendekatan problem solving.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s