PERAN KONSELOR DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA PADA SISWA SMP NEGERI ( PTK 94 )


PERAN KONSELOR DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA PADA SISWA SMP NEGERI ( PTK 94 )

Menyandang predikat sebagai pekerja professional tidak mudah. Segala yang melekat pada orang dan pekerjaannya menjadi tanggung jawab penyandang pekerjaan tersebut. Demikian halnya sebagai konselor professional maka segala yang melekat pada konselor menjadi tanggungjawab professional di pundak konselor. Ucapan dan tindakannya menunjukkan komitmen dalam mengembangkan pekerjaanya. Layanannya benar-benar dilakukan secara khusus dan akhli sesuai dengan bidangnya. Selanjutnya, pekerjaannya dilakukan atas dasar pengabdian terutama kepada pengguna jasa yang dalam hal ini adalah para siswa.

Dalam bekerja konselor dituntut pula menjalin kerjasama dengan sejawat dan pihak-pihak terkait lain yang ada hubungannya dengan pekerjaannya. Kode etik telah mengatur setiap ucapan dan perilaku serta kinerja. Ketidak sesuaian antara ketiga itu, sanksi proifesi akan menjemput.

Agar tuntutan professional ini tercapai maka kepada konselor senantiasa dituntut untuk selalu peduli dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peduli dengan perkembangan siswa yang menjadi subyek utama layanan, sehingga layanannya menjadi tidak monoton. Di sisi lain, konselor harus berani untuk tidak berhasil, terus berusaha menyempurnakan layanan, terus melakukan evaluasi diri. Dengan demikian pada akhirnya akan menunjukkan bahwa orang-orang yang tekunlah yang dapat menjadi professional

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s