UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ILUSTRASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SMP ( PTK 102 )


UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ILUSTRASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SMP ( PTK 102 )

Pada umumnya mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di beberapa SMP kurang mendapat perhatian. Hal ini muncul karena beberapa alasan, diantaranya : (1) Seni Budaya dan Keterampilan bukan salah satu mata pelajaran yang diujikan secara nasional, (2) Tidak semua guru mempunyai kemampuan mengajarkan mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dengan baik. Namun sebenarnya mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan juga mempunyai

keunggulan sebagai dasar untuk pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa.

Dalam pendidikan seni di SMP, pendidikan seni diarahkan pada pembentukan sikap, sehingga terjadi keseimbangan intelektual, akal pikiran dan kepekaan emosi. Pada masa sekolah dasar, ungkapan perasaan anak yang masih polos memungkinkan mereka untuk berekspresi secara wajar dan penuh spontan sehingga proses tersebut memiliki kebermaknaan bagi perkembangan mereka. Namun demikian dalam berekspresi kadang siswa masih mengalami hambatan, siswa masih ragu-ragu untuk berekspresi secara spontan. Hal ini dapat dilihat pada hasil gambar siswa kelas VII SMP Negeri

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s