PENERAPAN METODE PENDEKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF UNTUK MEMACU KREATIFITA BERFIKIR SISWA KELAS II – 1 SMA ( 139 )


PENERAPAN METODE PENDEKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF UNTUK MEMACU KREATIFITA BERFIKIR SISWA KELAS II – 1 SMA ( 139 )

Pendidikan di Indonesia sedang dilanda krisis.dalam skala nasional, kualitas pendidikan Islam masih sangat memprihatinkan. Di sisi lain, jika kita mencermati fenomena sosial dan kultural yang sedang aktual, yang nota bene juga bagian dari produk pendidikan, juga cukup memprihatinkan. Pada saat ini masih banyak orang-orang yang cerdas, terampil, kreatif, dan profesional tetapi tidak di barengi dengan kekokohan aqidah dan keunggulan akhlak.

Sebagai indikator, akhir-akhir ini kita sering dihadapkan dengan dengan isu-isu tindak kekerasan, premanisme, anarkisme, perkelahian antar pelajar, narkoba, konsumsi minum-minuman keras, yang sudah melanda dikalangan pelajar, serta kriminalitas yang semakin hari semakin menjadi-jadi. Dan semakin rumit. Selain itu kita juga dihadapkan pada permasalahan White Collar Crimes / kejahatan kerah putih, yaitu kejahatan yang dilakukan oleh para birokrat, politisi, eksekutif, serta isu KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme). Fenomna semacam itu menjadi berita utama dan memenuhi setiap halaman surat kabar atau media massa lainnya.

Di sisi lain, masyarakat kita akhir-akhir ini cenderung mengarah pada masyarakat patembayan (kepentingan), sedangkan nilai-nilai masyarakat paguyuban mulai ditinggalkan, sehingga yang tampak dalam kehidupan masyarakat adalah timbulnya konflik kepentingan-kepentingan, baik kepentingan individu, kelompok, agama, politik maupun kepentingan lainnya.

Timbulnya fenomena tersebut memang tidak arif jika hanya semata-mata di tumpahkan kepada proses belajar dan produk pendidikan. Namun demikian, pendidikan tetap ikut memiliki konstribusi terhadap munculnya fenomena tersebut. Proses pendidikan yang berlangsug selama ini lebih banyak menekankan dimensi transfer ilmu, sedang apek implementasi (amaliah) belum banyak tersentuh untuk membangun suasana masyarakat yang beradab dan memiliki tata krama yang luhur, yang merupakan ciri dari masyarakat madani.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s