UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SMA ISLAM KEPANJEN DENGAN PENERAPAN METODE DISKUSI PTK 127


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SMA ISLAM DENGAN PENERAPAN METODE DISKUSI PTK 127

Mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah mata pelajaran yang sangat penting dari sekian banyak mata pelajaran yang ada di SMA Islam Kepanjen ini. Dikatakan penting di sini, karena menyangkut tentang syariat dan juga akhlak siswa SMA Islam. Oleh sebab itu, salah satu tugas guru adalah menuyampaikan syari’at islam tersebut dengan berbagai car, metode dan pendekatan yang relevan.

Diantara metode yang dapat digunakan oleh seseorang guru adalah seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, resitasi dan sebagainya. Dan pada pembahasan ini peneliti akan menitik beratkan pada metode diskusi sebagai salah satu elemen dalam pembelajaran, utamanya dalam mata pelajaran aqidah akhaq.

Seperti yang kita ketahui bahwasannya metode adlah suatu ilmu yang membicarakan tentang cara-cara menyampaikan bahan pelajaran, sehingga dikuasai oleh anak didik dengan kata lain ilmu tentang guru mengajar dan murid belajar. Jadi dengan demikian metode dapat pula diartikan sebagai jalan atau cara untuk mencapai sesuatu (Abu Ahmadi, 1986 : 9).

Dan kaitannya dengan mata pelajaran aqidah akhlaq ini adalah bagaimana seorang guru dapat meyampaikan materi pelajaran kepada siswa dengan menggunakan metode atau cara yang tepat. Sebab seperti yang terjadi dilapangan kebanyakan siswa kesulirtan dalam menyerap dan mencerna apa yang disampaikan oleh guru. Sehingga rata-rata nilai hasil mereka tidak maksimal dan tidak sesuai dengan harapan guru.

Oleh sebab itu untuk mengantisipasi hal seperti di atas, maka perlu suatu pemecahan yang serius dengan penanganannya. Sehingga dalam PBM tercipta suatu lingkungan yang kondusif, kreatif dan kritis dari siswa. Utamanya dalam mata pelajaran aqidah akhlaq sebagai mata pelajaran yang mengajarkan tentang tatanan akhlaq manusia.

Alternatif pemecahan masalah tersebut di atas adalah dengan metode diskusi. Sebab metode diskusi di sini adalah untuk merangsang daya fikir siswa serta kreativitas daya nalar mereka. Namun demikian, mengingat KBM merupakn kegiatan yang kompleks, maka hampir tidak mungkin untuk menunjukkan dan menyimpulkan bahwa suatu metode belajar mengajar tertentu lebih unggul dari pada metode belajar mengajar lainnya dalam usaha mencapai semua tujuan, oleh semua Guru, untuk semua murid, dalam semua mata pelajaran serta dalam situasi dan kondisi untuk selamanya (Muhaimin, dkk, 1996: 81-82)

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s